PROFIL BEYONCE KNOWLES


Nama : Beyonce Knowles

Lahir : 4 Sep 1981, Houston, Texas

Status : Menikah

Zodiak : Virgo


Terlahir dengan nama Beyonce Giselle Knowles, penyanyi seksi kulit hitam ini lahir dan besar di Houston, Texas dan memiliki darah campuran Afrika-Amerika. Sejak kecil hingga memasuki masa remaja, Beyonce sudah memiliki minat yang kuat untuk menggeluti dunia seni. Karena itu, Beyonce memilih masuk ke sekolah seni St. Maty's Elementary School, Texas. Disana ia mendapatkan kelas menari, termasuk balet dan musik Jazz.

Bakat menyanyi putri pasangan Mathew Knowles, manager rekaman professional, dan Tina Knowles, seorang desainer dan penata rambut ini diketahui tanpa sengaja saat guru menarinya menyanyikan sebuah lagu yang kemudian dilanjutkan Beyonce lewat alunan suara tinggi dan merdu.

Menurut sang ibu, Beyonce adalah gadis pemalu yang memiliki minat besar di bidang musik dan tanpa diduga berani unjuk kebolehan di sebuah kompetisi bakat, saat usianya 7 tahun, menyanyikan lagu John Lennon yang berjudul "Imagine".

Tahun 1990, Beyonce masuk ke sekolah musik Parker Elementary School, Houston dan bergabung dalam kelompok paduan suara sekolah. Setelah itu, Beyonce mulai aktif menjadi penyanyi solo di gereja St. John's United Methodist Church.

Dalam usia yang masih sangat muda, 8 tahun, Beyonce yang kala itu berteman akrab dengan Kelly Rowland berkenalan dengan LaTavia Roberson dan membentuk grup bernama Girl's Tyme. Anggotanya pun makin bertambah menjadi 6 orang. Penampilan Beyonce dan Kelly Rowland sukses mencuri perhatian seorang produser R&B bernama Arne Frager.

Bersama grupnya, Beyonce cs diajak Frager ke studio rekaman, Plant Recording Studio, Kalifornia Utara namun akhirnya Frager memutuskan untuk membawa Girl's Tyme untuk ikut berpartisipasi dalam program TV pencari bakat bertajuk ‘Star Search'. Sayangnya, mereka salah memilih lagu dan harus menerima kekalahan. Meski kecewa, Beyonce tidak lantas menyerah, apalagi saat mengetahui Britney Spears dan Justin Timberlake memiliki kisah hidup yang sama.

Grup bentukan Beyonce dan Kelly Rowland sempat dikelola dengan baik oleh ayah Beyonce yang memiliki banyak pengalaman sebagai manajer. Begitu pula dengan ibunda Beyonce yang bertindak sebagai desainer kostum grup musik putrinya tersebut. Girl's Tyme sempat masuk ke sebuah label rekaman, Elektra Records sebelum akhirnya mereka memutuskan bubar sebelum merilis album.
Destiny's Child

Tahun 1993, grup tersebut mengubah nama menjadi Destiny's Child yang diambil dari buku ‘Book of Isaiah'. Destiny's Child mengawali aksi panggungnya di acara-acara lokal dan setelah 4 tahun kemudian mereka dikontrak oleh Columbia Records di akhir tahun 1997.

Destiny's Child pertama kali melansir lagu untuk soundtrack film "Men in Black" tahun 1997 berjudul "Killing Time". Tahun berikutnya, grup trio ini mengeluarkan debut album dengan hits "No, No, No".

Hits ini pula yang akhirnya membawa Destiny's Child memenangkan ‘Soul Train Lady of Soul Awards' untuk kategori "Best R&B/Soul Single", "Best R&B/Soul Album of the Year dan "Best R&B/Soul or Rap New Artist."

Single Destiny's Chid yang berjudul "Jumpin' Jumpin'" dan "Say My Name" sempat menjadi single andalan dimasa itu. Terbukti dari kemenangan "Say My Name" yang sempat meraih "Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals" dan "Best R&B Song di ajang Grammy Awards 2001.

Kemudian, mereka kembali unggul dengan single "Independent Women Part I" yang sukses menembus official U.S. Singles Chart dan dijadikan soundtrack film "Charlie's Angels" tahun 2000. Tahun berikutnya, album ketiga trio vokal ini pun diluncurkan, dengan judul "Survivor" dan berhasil terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia. Lagu "Bootylicious" dalam album tersebut menjadi hits nomor satu kala itu dan berhasil memenangkan Grammy Awards untuk "Best R&B Performance by a Duo or Group with Vocals".

Beyonce yang saat itu masih bergabung dengan Destiny's Child, di tahun 2000, sempat menandatangani kontrak untuk 3 album solo dengan Columbia Records. Tahun 2002, Beyonce mulai merambah dunia akting di film "Austin Powers in Goldmember" bersama Mike Myers. Selain fasih berakting, ia juga mengeluarkan single solo pertamanya yang berjudul "Work It Out" untuk soundtrack film tersebut.

Masih di tahun yang sama, Beyonce diminta untuk berkolaborasi dengan Jay-Z (yang kemudian menjadi kekasihnya) untuk single "03 Bonnie & Clyde". Setelah itu, di bulan Maret 2003, kolaborasi Beyonce dan 50 Cent dalam lagu "In Da Club" pun mulai diperhitungkan banyak orang.

ASMARA


Dibalik ketenaran dan kehidupannya menjadi superstar Hollywood, Beyonce pernah mengalami depresi berat karena kepopulerannya. Apalagi disaat yang bersamaan, Destiny's Child juga tengah diambang kehancuran, tepat di tahun 2000.

Depresi yang dialami Beyonce kala itu, memang cukup berat. Ia sempat kehilangan kepercayaan diri setelah kekasih yang sudah 7 tahun dipacarinya (dari usia 12 hingga 19 tahun) meninggalkannya begitu saja. Beyonce sempat mengalami depresi selama bertahun-tahun. Ia hanya mengurung diri di kamar dan tidak mau makan.

Seiring popularitasnya, Beyonce merasa tidak ada orang yang bisa mencintainya dengan tulus. Ia juga sering takut untuk membina hubungan baru. Hingga sang ibu lah yang membuatnya bangkit dari keterpurukan. Tina Knowles membantu Beyonce untuk menaikkan kembali rasa percaya dirinya yang selama ini hilang. Beyonce mengakui tentang depresinya ini ke media di tahun 2006.

Tahun 2002, kedekatan Beyonce dengan Jay-Z mulai tercium. Keduanya dikabarkan memiliki hubungan spesial, khususnya setelah mereka berkolaborasi di single "03 Bonnie & Clyde" . Namun keduanya masih berkelit dan menyimpan hubungan spesial tersebut rapat-rapat.

Kedua pesohor ini pun sempat dikabarkan bertunangan di tahun 2005. Tapi lagi-lagi mereka menyangkalnya. Dua tahun kemudian gosip pertunangan Beyonce mencuat kembali, namun Jay-Z hanya menanggapinya dengan tenang. "Mungkin suatu saat nanti, tapi bukan sekarang," kata Jay-Z pada OK! Magazine.
Saatnya pun tiba, tanggal 4 April 2008, Beyonce mengikrarkan janji setia dengan Jay-Z di New York City secara diam-diam. Meski demikian, rumornya sudah tersebar di beberapa media sejak 22 April 2008. Saat itu, Beyonce tetap bungkam, hingga akhirnya, ia memperlihatkan cincin pernikahannya di konser Fashion Rocks, 5 September 2005, di New York City. Secara resmi, bintang R&B tersebut mengumumkan pernikahannya bertepatan dengan pemutaran perdana video "I Am...Sasha Fierce" di Manhattan's Sony Club.

Karier film

Awal karier Beyoncé sebagai aktris adalah di film televisi MTV berjudul Carmen: A Hip Hopera. Pada musim panas 2002, ia berperan dalam film Austin Powers in Goldmember. Di tahun 2003, ia bermain dalam film The Fighting Temptations bersama Cuba Gooding, Jr.. Beyoncé kemudian menjadi lawan main Steve Martin dalam film The Pink Panther. Film ini berada di nomor satu box office pada akhir pekan peluncurannya. Proyek setelahnya adalah Dreamgirls yang merupakan film musikal sukses di tahun 2007 dan meraih beberapa penghargaan di ajang Academy Awards. Film terbarunya adalah Cadillac Records, yang telah di rilis akhir tahun 2008, dan Obsessed yang akan di rilis bulan Februari 2009.

Album studio

* 2003 - Dangerously in Love („Work It Out”, „'03 Bonnie & Clyde”, „Crazy in Love”, „Baby Boy”, „Me, Myself and I”, „Naughty Girl”)
* 2006 - B'Day / B'Day Deluxe Edition („Check on It”, „Déjà Vu”, „Ring the Alarm”, „Upgrade U”, „Irreplaceable”, „Listen”, „Beautiful Liar”, „Get Me Bodied”)
* 2008 - I Am... Sasha Fierce / I Am... Sasha Fierce Deluxe Edition („If I Were a Boy”, „Single Ladies (Put a Ring on It)”, „Halo”, „Diva”, „Ego”, „Sweet Dreams” „Ego”, „Broken-Hearted Girl”, „Video Phone”, )


Video rilis

* Live at Wembley (2004)
* BET Presents Beyoncé (2006)
* Beyoncé The Ultimate Performer (2006)
* B'Day Anthology Video Album (2007)
* The Beyoncé Experience Live (2007)
* I Am... Yours: An Intimate Performance at Wynn Las Vegas (2009)
* I Am... World Tour (2010)

Gallery Beyonce

0 komentar: